kisah

5 Cara Mudah Membuat Tulisan Esai yang Bagus

5 Cara Mudah Membuat Tulisan Esai yang Bagus
Baik itu untuk kelas, beasiswa, atau bahkan kontes, menulis esai selalu menjadi tugas yang menekan stres di kalangan siswa. Meskipun menulis esai, terutama yang panjang, membutuhkan banyak waktu dan energi, ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk membuat tulisan esai jauh lebih mudah. Dengan mengingat beberapa aturan dasar, Anda akan dapat menulis esai yang tepat dan persuasif yang dapat membantu membentuk masa depan Anda. Berikut adalah 5 metode yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat tulisan esai Anda jauh lebih mudah.

1. Terorganisir
Sebelum Anda mulai menulis esai, Anda harus mengatur pikiran Anda terlebih dahulu. Cari tahu persis seperti apa esai Anda, rencanakan sumber daya yang akan Anda butuhkan, dan pilih tempat di mana Anda akan bekerja. Setelah itu, Anda harus mengambil apa yang ada di kepala Anda dan meletakkannya di atas kertas. Dengan melakukan ini, Anda akan dapat menghubungkan ide-ide Anda dengan lebih jelas. Gunakan sumber online atau diagram untuk membentuk struktur untuk makalah Anda, atau gunakan layanan penulisan makalah kuliah untuk membantu Anda.

2. Tulis Pernyataan 
Setelah Anda menyelesaikan topik Anda dan menyelesaikan ide-ide Anda, Anda harus menulis pernyataan tesis Anda. Pernyataan tesis Anda membantu pembaca Anda memahami dengan tepat apa esai Anda. Dengan membahas kembali garis besar Anda, Anda dapat memilih gagasan utama dan menggabungkannya menjadi satu atau dua kalimat untuk membuat pernyataan tesis Anda. Pastikan pernyataan tesis Anda jelas dan jelaskan persisnya apa esai Anda, sehingga pembaca Anda tahu tujuan pekerjaan Anda.

3. Simpan Argumen Anda dalam Pikiran
Saat menulis esai, terutama esai akademis, Anda seharusnya tidak pernah melupakan argumen utama Anda. Terkadang satu ide bisa membuka jalan ke yang lain, menyesatkan Anda dari topik utama Anda, dan membuat esai Anda kurang ringkas. Anda harus yakin bahwa semua ide Anda berhubungan dengan gagasan utama Anda. Saat menulis esai Anda, selalu pastikan untuk bertanya pada diri sendiri apakah rincian mendukung tesis Anda. Jika jawabannya "tidak", Anda mungkin harus mengambil detail tertentu dari esai Anda.

4. Menganalisis Bukti
Setelah Anda memastikan bahwa esai Anda singkat, Anda perlu memperhatikan bukti yang Anda pilih untuk digunakan. Bukti apa pun yang tidak mendukung argumen utama Anda harus dikecualikan. Saat mengevaluasi bukti Anda, Anda harus kritis dan teliti. Pastikan bahwa bukti yang Anda gunakan didukung oleh penelitian yang kuat sehingga esai Anda tetap kuat.

5. Jumlahkan Semuanya dalam Kesimpulan Anda
Bagi kebanyakan orang, menulis kesimpulan tidak sepenting menulis sisa esai. Ingat, kesimpulannya adalah kesempatan Anda untuk menyatakan kembali argumen Anda dan biarkan pembaca Anda tahu di mana Anda berdiri. Pada dasarnya ini adalah kesempatan untuk menjumlahkan seluruh esai Anda. Kesimpulan yang tepat harus mencakup pernyataan ulang tesis Anda dan menyebutkan bukti kunci yang digunakan dalam esai Anda. Akhirnya, harus mengikat semuanya pada tesis untuk menambah kredibilitas esai Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah mudah berikut dan meninjau esai Anda ketika Anda selesai menulisnya, Anda dapat yakin untuk menyelesaikan esai hebat dengan sedikit usaha. Jangan lupa untuk membaca kembali esai Anda untuk memastikan esai Anda cocok dan masuk akal. Dengan tetap berpegang pada semua kiat yang disebutkan di atas, Anda akan menyelesaikan esai Anda sebelum Anda menyadarinya!
Tag : Tips
0 Komentar untuk "5 Cara Mudah Membuat Tulisan Esai yang Bagus"

Silahkan memberi komentar
*Jangan mencantumkan live link

Back To Top