kisah

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina

Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina  
Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina adalah kompetisi bergengsi tingkat nasional yang diadakan kompas Muda untuk para pelajar SMA dan Mahasiswa dalam rangka HUT Kompas MuDA ke - 5. Melalui Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina, saya mengajak pembaca untuk ayo kita Investasikan Energimu untuk Bumi.

Bumi merupakan tempat manusia, hewan dan tumbuhan hidup. Sekarang ini banyak manusia yang kurang memperhatikan nasib bumi. Banyak dari mereka yang bertindak seenaknya dan tidak memikirkan jangka panjang dari apa yang mereka perbuat terhadap bumi, misalnya pencemaran lingkungan dan penebangan hutan yang sembarangan.  Jika ini dibiarkan terus akan merusak bumi.

Seperti kita lihat baru-baru ini sering terjadi bencana alam di negeri ini dan adanya global warming (peningkatan suhu bumi) yang mengancam kehidupan di bumi, tapi sebagian dari kita tidak berbuat apa-apa, tapi malah bersikap acuh. Apakah hal ini tidak menyadarkan kita. Alam ini tampaknya ingin menyampaikan sesuatu. Alam kita menjadi rusak karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Mereka serakah, ingin kaya dari alam, tetapi tidak memperhatikan keseimbangan Alam. Alam dieksploitasi sumber dayanya tanpa memperdulikan kelestariannya.  Saya berfikir apa yang akan terjadi 10 hingga 50 tahun kedepan jika tidak ada tindakan untuk menyelamatkan bumi. Apa akan terjadi banyak bencana  seperti yang diprediksi para ilmuan. Saya berharap hal yang diprediksi para ilmuan tidak akan terjadi. Amin..?

Sebagian besar kerusakan lingkungan disebabkan  karena kita banyak melakukan kesalahan. Sebagai contoh sederhana adalah kita suka menggunakan alat-alat kebutuhan hidup yang tidak ramah lingkungan. Misalnya asap kendaraan bermotor, AC pada ruangan, kulkas, pengharum ruangan semprot atau spray,  yang semua itu bisa merusak dan melubangi lapisan ozon. Kita sering mengira melihat kabut seperti asap yang melayang rendah antara permukaan tanah dan udara. itu adalah asap atau polusi udara yang sudah sangat parah sekali banyaknya.

Sudah saatnya seluruh elemen masyarakat merenung dan berpikir. Bahwasanya manusia butuh bumi. Bumi sebagai tempat manusia hidup. Bumi sebagai tempat manusia meneruskan keterunannya.

Investasikan Energimu untuk Bumi” adalah kata-kata yang cocok digunakan untuk mengajak masyarakat untuk mencegah kehancuran bumi kita.  Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk bumi kita yaitu:

1. Pencegahan penebangan hutan sembarangan.
2. Melakukan reboisasi (penanaman hutan kembali).
3. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.
4. Membuang sampah pada tempatnya.
5. Mengurangi penggunaan alat-alat kebutuhan hidup yang tidak ramah lingkungan.

Saya selaku penulis berharap dengan adanya Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina dapat menyadarkan masyarakat  tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan & bisa mengajak masyarakat ikut membantu menjaga bumi kita. Tidak ada kata terlambat untuk  menjaga dan melestarikan bumi dan isinya, kalau bukan kita siapa lagi…?

Semoga Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina diadakan lagi tahun depan, supaya bisa mengingatkan lagi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan agar Bumi kita tidak mengalami kehancuran.

Bagi Anda yang ingin share info seputar menjaga dan melestarikan bumi dapat bergabung di komunitas www.mudaers.com dan www.sobatbumi.com .

Sekian dari saya, semoga bermanfaat…?
Tag : Info
0 Komentar untuk "Kompetisi Web Kompas MuDA & Pertamina"

Silahkan memberi komentar
*Jangan mencantumkan live link

Back To Top